Sahabat pincuran bonjo, pada kesempatan ini kita mencoba untuk berbagi tentang daftar merek dagang dan Bahan Aftif Fungisida (racun cendawan) dan Insektisida (racun serangga) yang sering digunakan oleh petani. Sebelum dilanjutkan ada baiknya kina mengenal apa itu fungisida dan apa itu insektisida.

Fungisida adalah : pestisida yang secara spesifik membunuh atau menghambat cendawan penyebab penyakitFungisida dapat berbentuk cair (paling banyak digunakan), gas, butiran, dan serbuk.Perusahaan penghasil benih biasanya menggunakan fungisida pada benih, umbi, transplan akar, dan organ propagatif lainnya, untuk membunuh cendawan pada bahan yang akan ditanam dan melindungi tanaman muda dari cendawan patogen. Selain itu, penggunaan fungisida dapat digunakan melalui injeksi pada batang, semprotan cair secara langsung, dan dalam bentuk fumigan (berbentuk gas yang disemprotkan), Sumber: wikipedia

Sedangkan insektisida adalah : bahan-bahan kimia bersifat racun yang dipakai untuk membunuh serangga. Insektisida dapat memengaruhi pertumbuhan, perkembangan, tingkah laku, perkembangbiakan, kesehatan, sistem hormon, sistem pencernaan, serta aktivitas biologis lainnya hingga berujung pada kematian serangga pengganggu tanaman Insektisida termasuk salah satu jenis pestisida. Sumber: wikipedia

Beberapa bahan aktif fungisida yang sering digunakan oleh petani terutama dalam mengatasi penyakit embun tepung atau penyakit karat tanaman adalah berbahan aktif Propineb, Mankozeb dan Klorotalonil. Penggunaan bahan aktif tersebut diselang seling dengan tujuan menghindari resistensi atau daya tahan jamur.

Beikut daftar merek dagang fungisida berbahan aktif Propineb

Fungisida bahan aktif Mankozeb

Fungisida bahan aktif Klorotalonil

Beberapa bahan aktif Insektisida yang sering digunakan petani dalam mengatasi serangan hama ulat grayak, kumbang dan lain-lain adalah bahan aktif spinosad, Deltametrin dan Spinoteram.

Daftar merek dagang insektisida berbahan aktif spinosad adalah :

Daftar merek dagang insektisida berbahan aktif Deltametrin adalah

Daftar merek dagang insektisida berbahan aktif Spinoteram adalah

untuk mengetahu jenis bahan aktif pestisida yang lain dapat dilihat dengan KLIK DISINI

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *