(5/12/03) Hari ini 3 propinsi mengunjungi LKM-A Pincuran Bonjo yaitu dari Provinsi Riau, Prov. Jawa Tengah dan Prov. Jambi. Dari Provinsi Riau rombongan dari  penyuluh swadaya yang ada di Kab. Siak, rombongan dari Provinsi Jambi  berasal dari Asosiasi Petani dan Asosiasi Pedagang Kab. Kerinci dan rombongan dari Provinsi Jawa Tengah merupakan rombongan dari BAPERMADES  Provinsi Jawa Tengah.

Kedatangan Rombongan dari Kab. Siak dan Kab. Kerinci dalam rangka study banding tentang pelaksanaan Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S), kegiatan Sub Terminal Agribisnis (STA) dan kegiatan Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis (LKMA). Peserta memberikan apresiasi tentang kemampuan pengurus ataupun pengelola dalam mesinergiskan beberapa kelembagaan petani sehingga dapat menunjang kegiatan petani.

Sementara kedatangan rombongan dari BAPERMADES Provinsi Jawa Tengah, merupakan studi banding / melihat secara lansung kegiatan pemberdayaan yang telah dilaksanakan oleh Sarjana Pemberdayaan Masyarakat Nagari (SPMN) yang dianggap cukup berhasi dilaksanakan di Prov. Sumatera Barat. Dimana keberhasilan dari LKMA Pincuran Bonjo dalam membentuk kelembagaan petani  ada tidak terlepas dari peran serta SPMN Angkatan ke 3 tahun 2005 yaitu Fairizal Ilyas, S.Sos manajer LKMA Pincuran Bonjo.

Disamping mendengarkan ekspos, dan melihat lansung kegiatan, peserta rombongan juga berdiskusi dengan ketua LKMA Pincuran Bonjo Afrizal, A.Md tentang trik-trik dalam mencapai keberhasilan, mengatasi permasalahan yang ada sehingga dapat membentuk dan menjaga beberapa kelembagaan yang sangat mendukung atau sangat membantu dalam meningkatkan kesejahteraan petani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *