PDA (10/11) Bersamaan dengan kedatangan rombongan magang dari LKMA Karya Berseri Desa Setrak Kec. Teluk Mengkudu Kab. Serdang Bedagai Propinsi Sumut, LKM-A Pincuran Bonjo juga kedatangan rombongan mahasiswa dari Universitas Andalas Padang dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jurusan  Antropologi berjumlah 13 orang melaksanakan kuliah lapangan pembangunan masyarakat desa tanggal 10 s.d 12 Nopember 2013.

Kegiatan yang dilaksanakan yaitu melakukan penelitian tentang kesehatan masyarakat, kemiskinan, program pembangunan pemerintah, peranan lembaga masyarakat dalam menunjang ekonomi, khususnya lembaga keuangan dan sub terminal agribisnis (STA).

Dalam melakukan kuliah lapangan ini, mahasiswa lansung melakukan observasi dan interview kepada masyarakat khususnya petani hortikultura.

Fairizal Ilyas, S.Sos Manager LKM-A Pincuran Bonjo yang merupakan salah satu alumni jurusan Antropologi Univ. Andalas angkatan 1993, menyampaikan bahwa Peranan ilmu antropologi terapan dalam melaksanakan kajian sosial masyarakat  sangatlah tepat, semoga dengan adanya kegiatan dapat memberikan data ril kondisi sosial masyarakat. Dalam kajian pembangunan masyarakat desa ada dua metode kajian, yaitu kajian Top Down dan Buton Up, di Kelurahan Padang Alai ternyata melaksakan konsep Buton Up, yaitu tumbuh dari masyarakat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *