Senin (10/9). Lebih kurang 25 personil itu Pemda Banten berkunjung ke Payakumbuh, terdiri dari Kelompok Kerja (Pokja) Provinsi Sehat dan staf Bappeda serta Dinas Kesehatan provinsi setempat. Pilihan kunjungan ke Payakumbuh, direkomendasi Kemenkes dan Perwakilan WHO di Jakarta.
Selama dua hari di Payakumbuh, rombongan akan mempelajari program kerja yang dilakukan Dinas Kesehatan Payakumbuh, dalam usaha mendapatkan penghargaan Kota Sehat Tingkat Pembina dan Kota Sehat Tingkat Pengembangan, selain program menjadikan pasar tradisional sebagai Pasar Sehat.

Kadis Kesehatan Payakumbuh dr. Hj. Merry Yuliesday, MARS, mengatakan, rombongan selain belajar administrasi dan payung hukum Kota Sehat, rombongan juga akan melakukan tatap muka dengan Forum Kota Sehat dan Pokja Pasar Sehat, serta Korda Lansia dan Klub Jantung Sehat Payakumbuh. Selain itu, rombongan juga dibawa ke lapangan, diantaranya ke beberapa Puskesmas, Pasar Tradisional Pasar Ibuah, dan TPA Regional serta lokasi pengolahan sampah organik. Dan rombongan juga berkesempatan mengunjungi Sub Terminal Agribinis (STA) Baliak Mayang, unit dari LKM-A Pincuran Bonjo, yang merupakan salah satu STA di Kota Payakumbuh yang sering dikunjungi oleh tamu-tamu baik dari dalam Propinsi Sumatera Barat maupun dari Propinsi lain, seperti dari Aceh, DKI Jakarta, Kab. Karimun, Kota Dumai dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *