Potensi Kelurahan Padang Alai Kec. Payakumbuh Timur Kota Payakumbuh saat ini sangat cocok untuk mengembangkan usaha peternakan sapi, baik untuk sapi bibit maupun untuk sapi potong. Mengingat Kelurahan Padang Alai Sendiri terletak tidak jauh yaitu lebih kurang 0,8 km dari Rumah Potong Hewan (RPH) Modern berstandar internasional yang berkapasitas potong 50 ekor perhari yang juga dilengkapi dengan pasar ternak.
Peluang usaha ini perlu ditindak lanjuti oleh LKM-A Pincuran Bonjo untuk memberikan pembiayaan kepada petani/ peternak dengan sistim bagi hasil ataupun sedua an (60% : 40%). Disamping untuk di pasarkan ke RPH, kotoran sapi ini juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan kompos untuk memenuhi kebutuhan rumah kompos yang saat ini dalam tahap pembuatan oleh Gapoktan Tigo Sapilin Kelurahan Padang Alai.
Tidak tertutup kemungkinan peluang ini juga diberikan kepada perantau-perantau yang ingin  menanamkan modalnya/ membeli sapi dan dikelolakan kepada petani/peternak dengan bagi hasil yang disesuaikan dengan kesepakatan kedua belah pihak mengingat prospeknya cukup mengairahkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *