Banyak orang sering mengeluh sedang mengalami panas dalam, apalagi setelah lebaran.
Gejalanya macam-macam.

  1. Rasa panas di tenggorokan dan rongga mulut kering.
  2. Rasa ada panas yang keluar dari tubuh, sampai wajah memerah. Tapi setelah diukur suhu badan biasa saja.
  3. Selain itu, mimisan dan buang air besar disertai kucuran darah

Jika ditanya apa sebenarnya definisi panas dalam, barangkali tidak banyak orang tahu. Atau, bisa jadi definisi setiap orang berbeda-beda. Keluhan yang dilontarkan biasanya berkisar antara sariawan, bibir pecah-pecah, sakit gigi, badan terasa pegal, sakit tenggorokan, diare, badan terasa mengeluarkan panas, mimisan, hingga buang air besar disertai kucuran darah.

Menurut spesialis penyakit dalam Ari Fahrial Syam, panas dalam merupakan istilah Masyarakat awam untuk menggambarkan kondisi tubuh yang mengeluarkan reaksi terhadap benda asing.
Lalu, bagaimana jika ada orang yang mengeluh pengalami panas dalam, namun temperature tubuh masih tetap normal? Menurut Ari, kemungkinan ada panas yang timbul pada suatu bagian tubuh. Itu menjadi salah satu penanda terjadi peradangan di bagian tersebut. Penyebabnya beragam. Antara lain karena infeksi yang disebabkan virus atau bakteri dan rasa panas itu muncul sebagai tanda perlawanan kekebalan tubuh.

Terlepas dari hal diatas, Obat yang Isnya-Allah mujarab yang kami coba sendiri berupa air kacang hijau :
Bahan :
Kacang hijau 1 genggam
Air 500 cc atau 2 gelas
Cara membuatnya :
Kacang hijau 1 genggam tersebut direbus dengan air 2 gelas sampai mendidih, air rebusan didinginkan kemudian setelah cukup dingin, diminum sebanyak satu gelas.

Semoga obat tersebut juga mujarab bagi sobat, amiiin

(zam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *